Home » , » SNMPTN Dimulai Januari 2014 ( Tanpa Tes )

SNMPTN Dimulai Januari 2014 ( Tanpa Tes )

Written By dwiky on Friday 13 December 2013 | 10:07


Warta Negeri - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014 yang merupakan seleksi calon mahasiswa baru tanpa tes tertulis dimulai 6 Januari 2014.Pendaftaran secara online dimulai dengan pengisian pangkalan data sekolah dan siswa dengan masa waktu tiga bulan.Untuk pendaftaran oleh siswa dilakukan pada tanggal 17 Pebruari - 31 Maret 2014.

Ketua Umum Pengurus Seleksi Nasional Masuk Perguruaan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2014 Ganjar Kurnia yang juga Rektor Universitas Padjajaran Bandung mengatakan ,pendaftaran SNMPTN tidak dikenai biaya sejak tahun lalu.

Kuota yang disediakan untuk mahasiswa baru melalui SNMPTN adalah 150.000 kursi dan tiap PTN atau program studi minimal menyediakan 50% daya tampung yntuk SNMPTN.Seleksi didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor,hasil ujian dan prestasi lain.

Peluncuran SNMPTN dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, hadir dalam peluncuran itu Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso dan sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Negeri.Menurut Ganjar,pendaftaran secara online didukung oleh PT.Telkom Indonesia.Adapun untuk siswa didaerah yang sulitmengakses internet akan dibantu PT.Pos Indonesia." Akses secara gratis disediakan di kantor Pos di Kecamatan," kata Ganjar.

Pada penerimaan SNMPTN tahun ini,pemerintah tetap memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu dan dari daerah terluar,terdepan dan tertinggal (3T).Pemerintah menyediakan beasiswa Bidikmisi.

Akhmaloka,Rektor Institut Teknologi Bandung mengatakan,panitia SNMPTN akan mengusulkan kepadaDinas Pendidikan/Instansi yang berwenang untuk memberikan sanksi pemberhentian Kepala Sekolah yang curang,misalnya manipulasi nilai.

Selain SNMPTN ada juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) yang berdasarkan hasil tes/tertulis.Kuotanya minimal 30%.Seleksi lainnya adalah seleksi Mandiri yang diserahkan kepada setiap PTN masing-masing dengan kuota maksimal 20% dari daya tampung.

Sumber  :  Kompas' 12/12/13 ( Pendaftaran SNMPTN Dimulai Januari 2014 )
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Warta Negeri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger