Home » , » Bung Hatta, Tak Mampu Beli Sepatu

Bung Hatta, Tak Mampu Beli Sepatu

Written By dwiky on Friday 6 December 2013 | 07:53



Warta Negeri - Bung Hatta...siapa sich yang tak kenal beliau di Negeri Tercinta Indonesia ini,bahkan di seantero dunia.
Disaat Negara lagi corat marit banyak koruptor dimana-mana, kita memang membutuhkan sosok pemimpin seperti beliau.Beliau begitu cinta sama rakyatnya dan kesederhaan beliau sebagai pemimpin.yg notabene orang nomor 2 dinegeri ini lebih mendahulukan kepentingan rakyatnya dibanding kepentingan diri sendiri dan keluarganya.
Karena kesederhanaan Beliau ,pernah suatu ketika di tahun 1950 yg pada waktu itu habis ada pemotongan nilai uang (dulu di sebut ORI=Oeang Republik Indonesia ) dari 100 menjadi 1 , Istri Beliau menanyakan tentang kebijakan tersebut.Tapi walau dengan istri Beliau tidak mau menjawab karena itu bagian dari rahasia negara.
Kenapa istrinya menanyakan itu ??? karena istrinya sudah menabung bertahun-tahun untuk membeli mesin jahit tp karena ada kebijakan pemotongan uang tersebut maka tabungan itu tidak cukup untuk membeli mesin jahit.Tahu hal itu Bung Hatta cuma menjawab "Sunggguhpun saya bisa percaya kepadamu, tetapi rahasia ini tidak patut dibocorkan kepada siapa pun. Biarlah kita rugi sedikit, demi kepentingan seluruh negara. Kita coba menabung lagi, ya?"
Bukan hanya itu saja...karena kesederhanaan Beliau juga,sampai-sampai Beliau tidak bisa membeli sepatu bally yang selalu diidam-idamkan sampai akhir hayatnya.
Beliau mengundurkan diri sebagai wakil presiden pada tahun 1956 , walaupun kondisi keuangan semakin kritis karena uang pensiun yang di terima tidak seberapa, tapi Beliau sempat marah ketika anaknya ada yang usul untuk menaruh tempat sumbangan untuk tamu yang berkunjung ke rumah Beliau.
Beliau juga pernah kaget ketika tahu tagihan listrik dirumahnya begitu tinggi, Beliau kawatir apa bisa membayar tagihan listrik tersebut dengan uang pensiunnya ??? maka Beliau berkirim surat kepada Gubernur DKI yang pada waktu itu di jabat oleh Bapak Ali Sadikin dan Alhamdulillah dibawah pinpinan Bapak Ali Sadikin ,Pemprov DKI mau membiayai dan menanggung semua tagihan listrik dan PAM Beliau. Sudah seharusnya !!!Negara berbuat seperti itu kepada salah satu Bapak Pendiri Bangsa ini Bung Hatta, hargailah jasa-jasa Beliau..kenapa harus nunggu ada surat dari Beliau ???
Kita semua merindukan sosok pemimpin seperti Beliau...yang bener-bener Pemimpin...berjuang dan memimpin demi rakyat.
Bung Hatta nama dan jasa-jasamu selalu kami kenang dan tertanam di hati kami sampai akhir hayat .
Begitu sederhana Beliau,sampai-sampai tidak bisa beli sepasang sepatu bally, bandingkan dengan pejabat-pejabat kita sekarang, apa sich yang tidak mereka punya ??mungkin harga diri dan rasa malu yg mereka tidak punya.
Mungkinkah akan muncul sosok seperti Bung Hatta di jaman dan negeri yang sedang corat marit seperti ini ????Semoga.

Sumber: http://id.shvoong.com/society-and-news/2229314-www-detik-com
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Warta Negeri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger